Newzoo peneliti pasar game ini merilis laporan tentang temuan terkait cara konsumen dari berbagai generasai dalam dunia industri game dengan laporannya yang berjudul Global Gamer Study dari hasil laporan yang diambil dari 73.000 responden dari 36 pasar, dalam laporan ini gamer generasi muda yang masuk kategori Gen Alpha (kelahiran dari tahun 2010 sampai 2024) dan Gen Z (kelahiran tahun 1995 hingga 2009) ternyata lebih menyukai game dengan genre dunia terbuka (Open World). Secara spesifik, ada sebanyak 38.417 gamer Gen Alpha dan Gen Z yang disurvei, yang mana 73 persen responden Gen Alpha dan 68 persen responden Gen Z mengatakan lebih menyukai game open world. Sebanyak 71 persen responden Gen Alpha juga menyukai game dengan elemen kompetitif (player vs player/PvP), dan 68 persen di antaranya senang dengan game multiplayer yang mengharuskan kerja sama (co-op). Sementara itu, 67 persen responden Gen Z lebih memilih game dengan alur cerita yang menarik, dan 62 persen menyukai alur cerita terbuka. Jadi, Gen Alpha dan Gen Z sama-sama menyukai game open world, walaupun peringkat kedua dan ketiga game yang disukainya cukup berbeda. Jika belum familier, game open world sendiri adalah game yang memiliki peta atau dunia terbuka.Dalam dunia ini, pengguna dibebaskan misalnya untuk mengelilingi dunia tersebut, mengerjakan misi yang tersedia, menjajal misi sampingan (sidequest), dan lain sebagainya. Contoh game open world mencakup Grand Theft Auto V (GTA V/GTA 5), Minecraft, Red Dead Redemption 2, Marvel’s Spider-Man, Cyberpunk 2077, Elden Ring, dan masih banyak lagi. Di luar game open world, Gen Z dan Gen Alpha juga menggemari game dengan genre Adventure, Fighting, Shooter, Battle Royale, dan Racing. Sementara itu, generasi Milennials (kelahiran 1981 hingga 1994), Gen X (kelahiran 1965 hingga 1980), dan Baby Boomers (kelahiran 1945 hingga 1964) cenderung lebih senang dengan game Adventure dan Puzzle.
Dari 73.000 responden yang disurvei, sebanyak 85 persen di antaranya merupakan penggemar game (enthusiast). Penggemar game diartikan sebagai pengguna yang terlibat di industri game dengan bermain, menonton, dan mengoleksi game. Secara usia, sebanyak 96 persen Gen Alpha merupakan penggemar game, diikuti oleh Gen Z (92 persen), Milennials (88 persen), Gen X (72 persen), dan Baby Boomers (53 persen). Sebanyak 94 persen Gen Alpha merupakan pemain game, diikuti oleh Gen Z (92 persen), Milennials (85 persen), Gen X (79 persen), dan Baby Boomers (50 persen).